Kutulis Hikayat Ini Dengan Air Mata Bercucuran

https://www.facebook.com/diaz.azhari.501


------Curhat seorang Pemimpin Aceh yang sedang tertawan. Dialah "Agam Batat"--------

Aceh adalah sebuah contoh buruk dari perang panjang. Perang itu menghabiskan para pemberani dan cerdik cendikia.  Merekalah target utama musuh dalam peperangan. Perang Aceh dari tahun 1873 sampai dengan tahun 1945 telah menyisakan hanya sedikit cendikia dan sama sekali tidak ada lagi pengambil keputusan yang berani. Perang panjang telah meninggalkan kemiskinan dan kebodohan. Pendidikan tidak mungkin terlaksana dalam suasana perang. Pembangunan ekonomi, apa lagi.

Syahdan, ketika perang berakhir oleh sebab-sebab yang dapat dibaca dalam buku sejarah. Belanda dikalahkan oleh Jepang dengan bantuan rakyat Aceh.  Jepang dikalahkan oleh sekutu. Setelah itu tiada lagi penjajah di Aceh. Belanda masuk lagi ke Indonesia.  Tapi Belanda tak hendak menyentuh Aceh lagi. Terjadilah kevakuman kekuasaan di Aceh. Tapi sangat menyedihkan, di Aceh, orang-orang pandai dan orang-orang berani sudah habis dimangsa sang perang panjang. Tidak ada lagi yang tersisa dan eligible untuk mengklaim sebuah negeri atau memproklamirkan berdirinya negara sambungan. 

Kita orang Aceh mengaku dengan bangga bahwa kita TIDAK KALAH PERANG.  Dari tanah Aceh ditabalkan banyak nama PAHLAWAN perang.

TAPI MENGAPA NEGARA ACEH DARI ADA MENJADI TIADA?
———————

Perang kolonial di Jawa (Diponegoro) hanya berlangsung 5 tahun. Tidak ada yang dapat dibanggakan dalam perang yang singkat ini. Petempur Jawa menyerah kalah.  Belanda menang. Pemerintah sipil kolonial bisa berjalan normal. Pabrik-pabrik dibangun, sekolah-sekolah dibangun, anak negeri bisa sekolah sampai ke Eropa dan Arabia. Orang pandai semakin banyak. Para pemberani menyimpan tenaga.

Ketika perang global itu usai dan mereka melihat ada peluang untuk mendirikan negara, para cendikia dan para pemberani berkumpul dan dengan cepat bergerak, dan berdirilah sebuah negara baru.  Diberinama Indonesia.

Dulu mereka mengaku KALAH PERANG dan TERJAJAH. Dari tanah Jawa tidak banyak nama PAHLAWAN perang ditabalkan.

TAPI MEREKA MAMPU MENCIPTAKAN SEBUAH NEGARA MERDEKA dari tiada. ( Agam Batat )

•—————PENDIDIKAN—————•

Catatan popular daripada blog ini

7 Rahasia Bahagia Hidup Dunia dan Akhirat

Ternyata kerja di Australia lagi hebat

Beberapa pemikiran yang dapat menganggu kebahagiaan.