Seteguk Air Paip Untuk Tambah Tenaga

Gambar Hiasan Whatsapp messenger


Jam sudah menunjukkan pukul 6:45pm,semua pekerja sudah mengemas tool dan bersiap untuk meninggalkan tempat kerja untuk makan malam.Sedari tadi cuaca tak mengizinkan kita keluar untuk makan.Sebelum kami melangkah hendak meninggalkan site,hujanpun turun dengan derasnya sehingga kami terpaksa membiarkan saja dan berdiam diri.

Seorang pekerja baru menghampiri saya dan bertanya “apakah kita tidak mendapat makan malam?”,tidak jawab saya.”Selama saya bekerja baru pertama kali saya temukan di sini”, katanya lagi.

Seorang lagi memberitahu ”Pengaturan mengenai pemberian makanan terkait pekerja yang overtime syarikat yang mempekerjakan pekerja/buruh selama waktu kerja overtime berkewajiban memberikan makanan dan minuman sekurang-kurangnya 1.400 kalori apabila kerja overtime dilakukan selama 3 (tiga) jam atau lebih.

Pemberian makan ini sebenarnya termasuk dalam komponen non-upah yaitu fasilitas. Sebagai fasilitas,memang  tidak ada keharusan bagi perusahaan untuk menyediakannya .

 Fasilitas adalah kenikmatan dalam bentuk nyata/natura yang diberikan perusahaan oleh karena hal-hal yang bersifat khusus atau untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja, seperti fasilitas kendaraan (antar jemput pekerja atau lainnya) Pemberian makanan secara cuma cuma; sarana ibadah; koperasi; kantin dan lain-lain”.

Hujan nampaknya tak memihak kita juga,tak dapatlah kita keluar.Lebih baik kita pergi ke kantin terdekat dalam site ini nanti kita ada kerja berat.Kalau tidak sekurang kurangnya seteguk air mesti kena minum walaupun seteguk air paip,mari…



Catatan popular daripada blog ini

7 Rahasia Bahagia Hidup Dunia dan Akhirat

Ternyata kerja di Australia lagi hebat

Beberapa pemikiran yang dapat menganggu kebahagiaan.